Selasa, 01 Januari 2013

Sidoarjo Car Free Night 2013




 Tahun Baruan


Lebih terasa tanpa Brong-brong deru mesin

Gelaran pesta tahun baru dibeberapa kota kali ini terasa lain tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Demam Car Free Night (CFN) yang didengungkan oleh Jokowi di Jakarta ternyata menular ke beberapa kota kecil salah satunya Sidoarjo.  Sidoarjo, salah satu kota/kabupaten penyangga kota Surabaya ternyata lebih berani dalam mengelar acara tahun baruan dengan konsep kawasan non kendaraan daripada Surabaya.  
Gemericik gerimis yang melanda Kota Udang tak membuat animo Masyarakat Sidoarjo Surut. Sejak petang jajaran Polres Sidoarjo sudah aktif menata arus lalulintas baik yang dari arah Selatan (Pandaan – Malang ), arah barat (Krian – Sukodono) maupun dari arah utara (Surabaya). Bahkan petugas tak segan untuk menilang para pelanggar ketertiban lalu lintas seperti yang terlihat di bundaran Taman Pinang – GOR Gelora Delta. Alhasil, kerasnya bunyi brong-brong knalpot dan deru mesin hampir tidak terdengar dijalan Pahlawan. CFN di Sidoarjo sendiri berlansung sejak pukul 18.00 hingga pukul 01.00 dini hari.



Beberapa warga Sidoarjo pun sejak pukul 21.00 WiB sudah banyak yang bergerak ke arah Alun-Alun Pemda.  Sebagian warga malahan sibuk mencari tempat aman untuk memarkir kendaraan di sekitar lokasi kemudian asyik berjalan-jalan, bercanda gurau denga famili dijalanan yang sudah steril dari kendaraan bermotor.  Tak jarang beberapa remaja dan kaum paruh baya datang dengan sepeda angin mereka. Sesuatu yang langka pada perayaan Tahun Baru terlebih di pusat kota/pemerintahan yakni kawasan memanjang mulai Jl Ahmad Yani, Jl. Gubernur Suryo, hingga Jl Cokro Negoro.



  
Sementara itu, sekitar pukul 23.00 WIB, arus lalu lintas yang diarahkan melalui belakang Lapas Sidaorjo sudah penuh sesak. Hal yang sama terjadi di depan Alun-alun kota. Banyaknya motor yang berhenti di jalan raya sempat membuat kerepotan petugas polisi. Lantas, dengan sigap para petugas segera meminta dengan tegas para pengendara untuk pindah lokasi parkir yang aman.

Suasana semakin “beda” semakin terasa, kala satuan Polwan berpatroli dengan sepeda angin sambil mengenakan atribut tahun baru seperti topi kerucut dan terompet kecil. Anak-anak kecil asyik bermain kejar-kejaran dengan riangnya.  Tak luput juga, hiburan live music  di dalam area Alun-alun, yang menghadap ke arah Pendapa Kabupaten tiada henti menghibur warga Sidoarjo. CFN sendiri secara tidak langsung memberikan kesan lapang buat pengunjung, tidak uyel-uyelan, bebas polusi suara juga bebas asap kendaraan.

Suasana semakin riuh kala pancaran dan letusan kembang api dari arah BTN Sidoarjo yang berdiri tepat didepan Alun-alun kota mulai bertaburan. Padahal waktu masih menunjukkan pukul 23.50an. alias masih  beberapa menit menuju  tengah malam. Sontak pesta kembang api kali ini membuat pengendara sibuk mengabadikan moment tersebut. Tak jarang bunyi terompet dan klakson pengendara menyambut pesta tersebut.

Seolah tak mau kalah dengan pesta kembang api milik BTN, tepat 24:00 Pemkab Sidoarjo juga berpesta kembang api. Bahkan dentuman suara letusan dan pijaran lebih memukau. Sontak warga yang sebelumnya memadati jalanan depan alun-alun segera berpindah lokasi ke arah Pendopo. Kembang api milik Pemkab Sidoarjo menghiasai langit selama sepuluh menit.

Sekitar 00:15 setelah pesta kembang api usai, warga mulai berduyun-duyun meninggalkan area CFN. Ada yang melanjutkan dengan konvoi tanpa deru knalpot brong ada pula yang asyik duduk-duduk dibeberapa kedai yang berdiri disekitar kawasan tersebut.  Patut diacungi jempol kinerja satuan keamanan kala lalu lintas kembali normal dan lenggang saat memasuki pukul 01.00 dini hari.

Mungkin satu saja yang perlu diperhatikan terutama oleh pihak event organizernya yakni perlu adanya Count Down Timer sehingga seluruh warga yang berkerumun bisa berharap, berdegup dan seirama saat detik pergantian tahun terjadi. Seolah membuat seluruh elemen kompak.  Hal tersebut sepertinya hampir ditiadakan padahal di kawasan tersebut terdapat penunjuk waktu digital, sungguh sangat disayangkan bila tidak dioptimalkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar