Selasa, 23 Oktober 2012

Bila kita tidak pernah mencoba, kita belum benar-benar HIDUP



“If you haven’t Try… you haven’t live at all”

Saya ambil kata diatas, dari kuota sebuah film yang berjudul Meet Joe Black. Kalimat diatas diucapkan oleh seorang bapak, William Parish pada anak gadisnya nya agar jangan takut jatuh cinta. Jangan takut merasakan cinta dan jangan hanya mau menerima apa adanya bila mana cinta yang kamu dapat sekarang bukanlah cinta yang benar-benar cinta. Diceritakan, cinta yang ada pada anak gadisnya terlihat biasa saja, normal saja dan mungkijn itu-itu saja. Padahal hidup itu bergejolak, penuh liku-liku dan never ending learning.. bahkan saat memahami pasangan kita.

Berikut bunyi kuota tersebut:
“Love is passion, obsession, someone you can't live without. If you don't start with that, what are you going to end up with?

“Cinta itu hasrat (anthusiasm), keinginan (untuk memiliki) yang mengebu, dan cinta itu ada pada seseorang yang mana kamu tidak bisa hidup tanpanya.. kalau hidupmu tidak dimulai dari rasa Cinta.. bagaimanakah kamu akan akhiri perjalanan hidupmu”

Fall head over heels. I say find someone you can love like crazy and who'll love you the same way back.

Kalau perlu jungkir baliklah, Saya minta carilah seseorang yang dapat kamu benar-benar cintai, sampai kamu gila sekalipun, dan seseorang yang akan berlaku sama denganmu..

And how do you find him? Forget your head and listen to your heart. I'm not hearing any heart. Run the risk, if you get hurt, you'll come back.

Bagaimanakah caranya temukan orang itu?... jauhkan logikamu, dengarkan kata bathinmu. Saya rasanya tidak melihat kamu gunakan bathinmu. Ambil resiko, toh bila kamu terluka, kamu akan pulih kembali.

Because, the truth is there is no sense living your life without this. To make the journey and not fall deeply in love - well, you haven't lived a life at all. You have to try. Because if you haven't tried, you haven't lived.

Karena, sejatinya, kamu tidak akan merasakan arti hidup tanpa cinta.  Apalagi dalam mengarungi masa hidupmu, tanpa benar-benar merasakan cinta.. kamu belumlah merasa hidup! Kamu harus coba yang satu ini, bilamana kamu belum mencoba, kamu belumlah merasakan arti hidup…

by William Parrish

Saya pernah bertemu dengan seorang gadis yang berusia 20 tahunan. Lama-kelamaan, gadis ini menjadi jauh lebih dekat dengan saya, ternyata walau gadis ini sudah berusia kepala dua, dia masih saja boleh dikatakan “hijau” dalam memahami apa tujuan hidup ini. Gadis ini sebut saja namanya Antin, masih saja hidup dalam ikatan norma dan adat ketimuran yang sangat kuat. Ujung-ujungnya, ya segala yang dia lakukan semata-mata demi kebahagian keluarga. walau terkadang, keinginan keluarganya berbenturan dengan keinginan dirinya. Hal ini ternyata terbawa hampir pada semua aspek kehidupannya. Sehingga, terkadang dia lebih banyak mengikuti arus daripada menyoba menyeberang atau bahkan melawan arus. intinya, dia bersikap apatis dan selalu nurut alias ABG “Alias babe Senang”.

Pada awalnya sih hal itu tidak begitu merisaukannya, lambat laun, konflik internal semakin mendera. Cewek ini sebenarnya lebih berjiwa kreatif dan kartoonis, kita tahu orang yang kreatif biasanya tidak suka keteraturan dan pola hidup terstruktur. Type ini lebih banyak suka mengeksplorasi diri, maunya menikmati hidup. Tapi apakah bisa?

Demi menuruti lingkungan, akhirnya dia masuk ke sebuah PT ambil jurusan Psychology. Yang namanya Phsychology itu makanan berat.. banyak hal-hal detail yang harus dipahami dan ini jelas-jelas berseberangan dengan sikap anak-anak kreatif yang lebih abtraksi dan lepas dari pola. Bisa ditebak, salah Jurusan! dia mulai mengeluh ini itu saat kuliah mendekati tahun kedua. rugi besar khan menanti, mulai rugi secara materi, rugi waktu dan tenaga.    

Contoh lagi ya saya sendiri, entah kenapa saya selalu suka mencari dan mengeksplorasi walau saya belum tahu juga tujuan akhirnya. Tapi satu hal yang saya dapatkan yakni lama-kelamaan perasaan takut sebelum mencoba hilang secara perlahan. Mulai ekplorasi dunia alam dan adventure lalu dalam kehidupan cinta. Dahulu saya selalu berpikir ribuan kali sebelum melangkah mendekati pujaan hati, tapi sekarang sudah beda. Akhirnya, saya sendiri memberanikan diri nyamperin si Antin dan tuangkan semua perasaan, yang jelas perasaan dag dig dug itu ada tapi benar apa dikata..

Saya tahu, kemungkinan diterima tidak lebih dari 50%. kita saja sudah pasti berbeda dari awalnya, dan dari latar belakang keluarga juga. Akan tetapi bila tidak dicoba, saya akan mati kutu, hidup dalam penyesalan dan kegetiran. Setelah dicoba ntah nantinya getir atau manis sebagai imbalannya, ya itulah rasa yang akan saya dapatkan bila ingin merasakan hidup..

Dalam hidup ini, manusia selain dibekali otak untuk berpikir, juga ada bathin yang mesti diperhatikan. menurut saya pribadi, bathin itulah yang bisa member warna akan hidup kita. dari bathin muncullah hasrat-hasrat manusia seperti hasrat mencintai sesame, hasrat dicintai sesame, hasrat memiliki, memberi, mendapatkan dsb. apakah hasrat itu bisa dipenuhi seratus persen oleh otak kita?..   

Bukan bermaksud ngajarin sembrono, tetap kita harus berpikir, setelah berpikir barulah kita mau mencoba atau tidak.

Hidup ini penuh misteri, terkadang apa yang merisaukan kita belumlah seratus persen terjadi. Apa yang kita takutkan bukanlah semenakutkan itu. Tapi bilamana apa yang merisaukan kita benar-benar terjadi, sudah pastilah dan otomatis kita sudah punya langkah selanjutnya.  Bukankah pada saat kita takut akan sesuatu, secara tidak langsung pikiran kita memikirkan sebab – akibat dan juga solusi?..

Nah bila kita tidak mau mencoba, kita sendiri yang lupa. kita tidak tahu kemampuan diri kita, kita tidak akan memiliki perngalaman tersebut dan bila ternyata kita tetap saja tidak mau mencoba ?...bisa-bisa berkat atau hadiah yang tersedia bagi kita itu akan terlepas begitu saja.

Kalimat tersebut tidak hanya untuk urusan cinta semata akan tetapi bisa digunakan untuk aspek-asoek yang lain. Biasanya ketika kita dihadapkan pada persimpangan karir, keinginan terdalam dan sebagainya.

ya… sebelum anda benar –benar menyesali waktu hidup anda tanpa berusaha meraih apa yang anda dambakan, tidak salahnya anda mencoba dan rasakan apa arti hidup itu sendiri…

If you haven’t, you haven’t live at all..







Tidak ada komentar:

Posting Komentar