Senin, 05 Desember 2011

Rute Pendakian Gunung Menarik Di Jawa Timur

Rute Pendakian Gunung Menarik Di Jawa Timur

Sunrise dari Puncak Brormo tahun 2010
 Saya teringat ketika masa kuliah dulu saya suka sekali kegiatan mendaki gunung. Istilah kerennya disebut kegiatan PA alias Pecinta Alam. Waktu itu cuma ada beberapa group yang boleh disebut keren dan wajib diikuti oleh mahasiswa yakni Nge-band, anak theater, anak seniman, gank motor, group yang hobby nge-net dan yang terakhir ialah Pala atau PA sendiri.

Walau seharusnya PA itu organisasi wajib bagi mahasiswa disetiap universitas, tapi organisasi PA itu tidak ada atau belum ada di kampus saya. Tapi saya mencoba menjalin link dengan sahabat dan juga senior saya, sebut saya Mas Bayu alias Jamaika yang waktu itu berkampus di sebuah universitas yang terletak dijalan Ahmad Yani Surabaya. Dan tak jarang saya diajak, walau sebagai privateer dan bukannya mewakili sebuah organisasi untuk kegiatan mendaki sebuah gunung.

Terus terang saya senang sekali kegiatan ini, saya sering sekali mengumpulkan informasi tentang gunung ini itu baik yang bersifat teknis maupun yang berbau mistis. Sampai sampai semuanya terbawa mimpi. Sejatinya ingin sekali hobby ini bisa mensupport saya kelak, tapi semua hilang tertelan waktu..

Jujur saja, harapan saya waktu itu ialah bisa membuat paket wisata petualang tentang daki mendaki gunung di Jawa Timur. Di Jawa Timur sendiri ada beberapa gunung yang layak didaki karena pada akhirnya kita akan mendapatkan sesuatu yang bisa membayar segala jerih payah serta pengorbanan kita apabila sampai disana. 

Bromo - Semeru

Savanah @bromo sea od sand by Josh & Pedro

Sebut saja beberapa rute pendakian yang patut dijadikan sarana petualang alam bebas. Pertama ialah kawasan Bromo – Tengger -- Semeru.  Sebut saja kita mulai dari Malang Tumpang. Dimana kita harus naik mobil jeep atau semi off  road untuk sampai di Pos 1 alias Pos Ranu Pane. Lalu trekking ke Pos 2 di Ranu Kumbolo  sejauh 12 kilometer yang kemudian dilanjutkan ke puncak Mahameru.  

Bromo view by Josh & Pedro

Lalu dari sana turun seperti semula dan diteruskan ke kawasan ke lautan pasir Bromo. Dan kita bisa menikmati pemandangan dan hasil jerih payah kita di hotel yang tersedia. Bikin small parti.. gitulah…. Oh ya… lautan pasir tersebut bisa saja kita lewati dengan jalan kaki.. dengan waktu yang diperlukan untuk petualang ini ialah kurang lebih 3-4 harian. 

all rights reserved pictured by josh & pedro
  
Welirang - Arjuno

Rute kedua ialah Welirang – Arjuno dan Lawang. Berangkat dari Tretes. Di atasnya hotel Surya lalu trekking dijalanan yang kondisinya wow… agak berbatuan serta bercabang. Hati-hati ntar malah tersesat karena pilihan rute dan juga terhalangi oleh kabut. Sampai di Pondokan atas yakni persimpangan ke Puncak Welirang dan Arjuno. Bermalam dan subuh melanjutkan ke puncak. Dipagi hari kembali ke pondokan, persiapan untuk lanjut ke Gunung Arjuno. Setiba di Arjuno kita bisa saja menggambil rute kebun the dan menginap semalam sebelum turun ke Lawang.

Kawah Ijen

Untuk kawasan ini bisa saja kita mengabungkan dengan gunung raung. Tapi menurut info si penjaga hutan waktu saya kesana beberapa tahun lalu, sebaiknya jangan berangkat sendiri , minimal mengajak Sherpa atau yang tahu medan rut eke gunung Raung.  Konon kabarnya disana ada alas “lali jiwo” yang penuh kemistiskan. Sekali masuk atau melanggar, bisa-bisa pulang lupa diri.. begitu sih konon kabarnya… akan tetapi kalau hendak ke kawah ijen saja, no problem at all.

Bahkan untuk touring motor, bisa nyampek sampai pos lalu tinggal menungu waktu subuh untuk mendaki ke atas yang jarak sebenarnya pendek tapi kemiringan rutelah yang agak curam. Setiba di bibir kawah kita disuguhi panorama kawah gunung yang indah dan bisa saja turun untuk melihat dari dekat para penambang belerang yang ada didaerah kawah.

Kawasan Hutan Blambangan – Triangulasi – Plengkung. 

image resources: ob-jan-13-AlasPurwo-2wisatamelayu.com

image resource : peta_alaspurw.dephut.com

image resources : salah keblat dialas purwotipswisatamurah.blogspot.com


Kalau rute ini, bisa saja ditempuh dengan kendaraan off road. Bagi penghobby motor bisa mengendarai motor sampai bibir pantai triangulasi setelah melewati hutan tropis Blambangan. Disana kita bisa melihat penagkaran banteng liar, burung merak liar yang sering kita jumpai. Serta bercamping di bibir pantai. Satu catatan kecil: bawa semua perlengkapan anda plus buat keadaan emergency sekaligus.

Well… itulah beberapa rute petualang yang bisa saya sarankan buat para petualang alam bebas. Info ini saya kumpulkan dari pengalaman saya beberapa tahun lalu ketika saya masih duduk dibangku SMA dan juga Kuliah. Apabila tidak relevan lagi?... anggap saja ini informasi tambahan buat cerita petualangan Anda. 

Selamat Berpetualang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar