Jumat, 23 Desember 2011

Tips Trekking - Setting Up The time Mendaki Mahameru

Tips Trekking Petualangan Alam Terbuka 1

Jujur saja, mendaki, trekking atau sekedar camping dialam terbuka merupaka kegiatan yang mengasyikan tentunya walaupun ujung-ujungnya kita semua kepayahan diakhir pendakian kita.  Tapi semua keluh dan peluh yang kita keluarkan sudah barang tentu akan terbayarkan sesaat apabila kita mencapai titik akhir atau puncak petualangan kita.
 
jaymamalme.blogspot.com
Kali ini, bukannya saya bermaksud untuk mengurui atau merasa lebih tahu atau juga ingin dianggap layaknya seorang professional atau ntah itu senior walau dalam category umur dan pengalaman saya dan group saya berhak menyandang status tersebut. Tujuan semata-mata penulisan artikel ini hanyalah sekedar sharing pengalaman mendaki gunung Semeru atau MAHAMeru yang notabene Gunung tertinggi di Pulau Jawa dan merupakan Gunung yang wajib didaki oleh para Pecinta Alam di Pulau Jawa. 

image resource: garizimajiner.blogspot.com - selamat pagi ranu kumbolo

Saya sudah tiga kali mengunjungi daerah ini sejatinya… pertama kali seingat saya tahun 2000 lalu beberapa tahun berselang. So berdasarkan pengalaman tersebut akhir kata saya bisa menyimpulkan dan memberikan beberapa tips untuk para petulangan alam bebas apabila hendak mendaki gunung tersebut…

Set UP The time

Pilihan waktu yang terbaik untuk mendaki ialah pada tanggal pertengahan bulan yakni mulai tanggal 14-17. Alasannya sepele, pada kisaran tanggal tersebut bulan memasuki phase bulan penuh sehingga ketika pada tanggal 15/16 kita berkemah di Ranu Kumbolo maka akan didapati sebuah pemandagan malam yang hanya bisa terjadi di film. Pada bulan Agustus dan tanggal tersebut, bulan akan keluar dari sudut V yang terbentuk dari pertemuan dua bukit yang menjadi backround danau tersebut. semakin malam cahaya bulan akan menerpa jernihnya danau tersebut. So Beautiful!!! Selain itu, cahaya bulan menjadi penerang lereng bukit dikanan-kiri Ranu Kumbolo. Akan tetapi satu hal yang harus dibayarkan untuk semua keindahan ini… konon semakin terang bulan bersinar semakin dingin pula udara malam. Apalagi apabila kita mendaki pada musim penghujan.

Image Resource: widhi-bek.blogspot.com - ranu kumbolo malam li
Selain pilihan tanggal diatas, waktu pendakian paling ramai biasanya terjadi pada BULAN AGUSTUS – yang beretepatan sekali dengan moment UPACARA KEMERDEKAAN Dipuncak Mahameru. Saya sendiri tidak pernah ikut merasakan upacara di puncak GUnung Semeru tapi sekali saya pernah mengantar tourist yang pada saat bersamaan hendak trekking via lautan pasir Gunung bromo dengan rute dari tumpang. Begitu ramainya sampai ranger membatasi jumlah pendaki yang hendak upacara dipuncak. 

Apabila Anda tidak bisa melakukan pendakian pada saat seperti kedua waku diatas, maka sah-sah saja bila melakukan pendakian selama akhir pekan. Waktu minimal yang akan anda butuhkan ialah 3 hari 2 malam. Waktu tersebut saya hitung sejak saya tiba di Tumpang – kecamatan Kota terdekat dari rute Malang – Tumpang – R. Pane - Semeru.

Sebagai catatan bila anda mengelar pendakian di akhir pekan ialah Anda harus selalu mengadakan kontak dengan pihak penyedia jasa kendaraan ranger atau jeep. Agar supaya perjalanan anad tidak molor. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar