Sabtu, 23 Juli 2016

Berburu Sunset di Watu Bale Pacitan

Berburu Sunset di Watu Bale

Nama tobyek wisata alam ini mungkin belum setenar Pantai Soge atau bahkan Pantai Pidakan. Selain Padahal Watu Bale berlokasi tak jauh dari kedua tempat wisata tersebut. Lebih tepatnya yakni di Desa Jetak, Kec Tulakan, Kab Pacitan. Watu Bale sendiri berada diantara Pantai Soge dan Pantai Pidakan yang bisa diakses melalui jalur JLS Pacitan – Trenggalek.

Nah, bagi yang pernah melancong ke Pantai Soge, bila anda perhatikan disebelah timur pantai, ada gugusan pantai berbatu dan berkarang. Lalu diujung semenangjung tadi ada seongok batu besar, ya itulah landmark Watu Bale. Sesusui dengan namanya, Watu berarti batu sedangkan Bale berarti pelataran atau hall yang lapang.

Rute Ke Watu Bale

Pelancong tak perlu kuatir bila hendak mengunjungi Watu Bale. Pemerintah setempat sudah memfasilitasi papan petunjuk arah sekaligus nama pantai terpampang dengan ukuran yang lumayan besar.

Bila anda dari arah arah soge, lanjutkan perjalanan anda ke arah kota Pacitan. Sekitar 2-3 km dari Pantai Soge, ada papan penunjuk arah, anda belok kiri (ke arah selatan). Sedangkan bila dari arah Pacitan (via JLS) ketika anda memasuki Desa Jetak, anda terlebih dahulu melihat papan nama/petunjuk ke Pantai Pidakan, dari sini terus saja ke arah timur. Tak jauh dari Pidakan, anda akan menjumpai Papan nama Watu Bale disebelah Kanan anda. Papan nama terbentang didepan sebuah toko milik penduduk lokal. Anda tinggal belok kanan (ke arah selatan).

Nah dari akses masuk tersebut, anda tinggal mengikuti jalan desa yang menjadi akses utama. Saat Libur Lebaran 2016 kemarin, kondisi jalan masih apa adanya, ada yang sudah di cor semen, ada pula yang masih berupa tanah liat yang berubah agak berlumpur saat diguyuri hujan. Kontur jalanan agak naik turun sampai dengan bibir pantai.

Berbeda dengan Pantai Soge yang menawarkan hamparan pasir, Watu Bale menyerupai dermaga dari tumpukan bebatuan pantai. Fasilitas yang ada waktu saya berkunjung yakni sebuah warung sederhana dipinggir tebing pantai. Nah, anda bisa memarkir kendaraan anda disekitar warung tersebut.

Trekking Pinggir Tebing

Selanjutnya, anda harus trekking menelusuri pinggiran bukit yang langsung berbatasan dengan tebing pantai. Lebar tracknya sekitar 1-1,5 meteran alias berjalan satu-satu. Lanjutkan trekking hingga ke lokasi atas bukit. Bagi anda yang mau membawa motor ke lokasi bukit yang silahkan mencoba. Namun kudu extra hati-hati karena anda tak bisa belok arah. Bila mau balik arah ya harus sampai di lokasi bukit kemudian baru putar haluan. Mengenai jarak trekking jalur ini tidaklah jauh berkisar 300 meteran saja. Alias tak menguras tenaga. Bila dibandingkan dengan jarak trekking Parkiran hingga Ke Pantai pelang, jarak trekking di Watu Bale lebih pendek.

Welcome To Watu Bale

Dipenghujung trekkking, anda disuguhi kontur perbukitan nan rindang. Pihak pengelola bahkan sudah membangung beberapa shelter khas pantai yakni beralasankan daun kecoklatan dan bangku pohon. Jumlahnya pun tersebar diseluruh area. Area perbukitan ini cukup luas dari sebelah timur, bibir tebing diselatan hingga dibagian barat. Anda pun dengan bebas memilih spot untuk berfoto.

Biasanya, muda-mudi paling suka berfoto mengabadikan momen ketika ombak Laut Selatan menghamtam dinding watu bale (Watu Bale terpisah dari daratan utama), sehingga momen semburan ombak menambah citarasa bidikan. Atau menunggu Sunrise ato sunset yang muncul dan tenggelam di dari punggung pegunungan.

Nah, kira-kira apa saja yang ditawarkan obyek wisata ini?

• ·         Trekking ke Bukit
  • ·         Fotografi
  • ·         Berburu Sunrise atau Sunset
  • ·         Piknik Keluarga

Well, pembaca selamat Berekreasi dan selamat berburu Sunset.