Kamis, 21 Februari 2013

Es Poeter Verkoper



Klinthing-Klinthing dan eyecatching



Masih ingatkah anda dengan es poeter yang sempat menjadi favorit masa kecil kita semua? Rasa dan sajian es poeter konon mirip dengan rasa milkshake dari McDonald; namun es puter disajikan agak kental dan sedikit kurang cair. Berdasarkan pengakuan meener londho yang tertera dalam buku Hein Buitenweg "Krokodillenstad" dikatakan, walau proses pembuatannya sederhana dan tidak se-higienis dari saingannya, yakni es krim Zangrandi, es poeter tidak pernah membuat konsumennya sakit perut.

Selain rasa, tatanan gelas-gelas mungil yang berkaki langsing dengan bentuknya yang cantik, kecil, manis tertata semakin tampak unik dan eyecatching. Konon, jaman dulu gelas-gelas seperti dalam foto dibuat untuk jualan es keliling. Jangan lupakan pula gantungan gelas-gelas plastik bening yang terkadang ditambahi kaca bohlam yang diisi air warna-warni  yang digantungkan atau istilahnya pating grandul. Benar-benar menarik mata bukan? Walau disajikan dalam bentuk yang menarik mata, harganyapun juga sangatlah murah, segelas saja cuman se-gobang atau sekitar setengah sen tiap gelasnya  . Selain itu, ada pula bunyi bel bersuara klinting-klinting yang khas dan merupakan panggilan bagi pelangan setia.

Bunyi klinting atau "Klienting-klientieng" adalah variasi dari suara "kelontong", yang dihasilkan dari alat musik kelontong yang dahulu dipakai oleh pedagang keliling dari etnis Tionghoa untuk memberitahu bahwa mereka telah tiba. Sedangkan dari versi bahasa Belanda, Klinting berasal dari dari kata tingeling, atau kling klang klong.

Tidak beda dengan para penjual keliling lainnya yang serba dipikul, demikian juga para Es Poeter Verkoper melayani pembeli setia dengan keliling dari kampung ke kampung. Seiring perkembangan jaman, pikulan tadi digantikan oleh kereta dorong atau rombong.  

Konon, rasa Es puter sekarang tidak seenak es poeter jaman tempo doeloe.  Kalaupun pembaca menjumpai, es puter saat ini mengunakan opak cum-cum yang berbentuk cone yang diberi susu kental manis coklat cap bendera merk Frisian Flag. Selian itu ada juga yang disajikan dalan mangkok kecil yang bisa divariasi dengan bisa diisi ketan item, apokat dan mutiara sebagi topping. jo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar