Jumat, 20 Juli 2012

Awali Hari Sekolah dengan Membaca Sebuah Dongeng

readkutubkids.wordpress.com kids-reading


Pagi hari anak-anak datang ke kelas anda. kita semua tahu, anak-anak datang kesekolah dengan berbagai hal yang mereka bawa dari rumah. satu hal yang pasti di dalam alam pikir mereka pun berkecamuk berbagai hal. ada yang masih murung karena dimarahi ayahbunda sebab dia bangun terlambat, ada yang sudah berseri-seri karena hendak bertemu teman atau sahbatnya adapula yang tanpa ekpresi dan jengkel dengan rutinitas mereka setiap hari setiap pagi… 


Dari situ apakah anda langsung tancap gas dan buka buku pelajaran? mumpung pikiran mereka masih fresh?...  Apakah itu yang ada dibenak semua pendidik di tanah air?... WAH.. ANDA SALAH BESAR kalau berpikir mereka langsung siap diberi pengajaran sesuai dengan materi sesuai dengan jadwal pelajaran sehari-hari.


Setiap hari saya memiliki waktu sekitar 10-15 menit sebelum jam pelajaran pertama anak-anak saya dimulai.. dan yang saya lakukan hanyalah hal yang simple.. MEMBACA DONGENG… entah dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia..  


wholesketch.wordpress.com_dongeng
Di dalam sebuah Dongeng itu ada…


Mengapa koq saya lebih suka memilih dongeng buat mengawali hari sekolah?... ya karena usia mereka masih kanak-kanak dan juga banyak hal yang terkadung didalam dongeng. terlebih setelah saya membaca article di yahoo.com, disitu dikatakan membaca dongeng lebih mengena dan terpatri dialam pikiran anak-anak lebih lama. Jujur saja, saya masih teringat beberapa dongeng yang selalu diceritakan oleh mendiang Kakung saya sewaktu saya masih usia SD untuk menemani tidur.  Menurut opini saya, dongeng merupakan media pembelajaran social yang sangat cocok untuk anak-anak. 


Meningkatkan Daya Imaginasi


education2kid.blogspot.com_right left brain

Disini anak-anak secara tidak langsung dilatih untuk mengembangkan daya imaginasi mereka. Ya.. dari hasil pendengaran atau visual dari selembar kertas, mereka berusaha menvisualisaikan apa yang mereka dengar dan baca. bayangkan saja, ketika mereka membaca kalimat “disuatu tempat yang jauh disana, disebuah hutan yang lebat dengan banyak binatang liar…” pastilah ada yang membayangkan suasana hutan dipikiran mereka, tumbuh-tumbuhan yang ada, udaranya, demography..   



Menumbuhkan nilai-nilai HUMANIS


Jelas jelas sudah mereka akan merasa iba dan kasihan bila ada yang memerlukan bantuan. Hal ini tentunya menumbuhkan rasa emphaty dan sympathy dalam diri mereka. Begitu pula ketika mereka merasakan rasa kompetitif, penasaran dan gemas pula. disini mereka juga akan belajar mana sikap yang baik dan mana sikap yang tidak baik yang ada dimasyarakat.  sehingga harapan dimasa mendatang mereka bisa lebih mawas diri dan menjadi pribadi yang bisa disukai oleh orang-orang disekitar mereka.
pusatseo.blogspot.com_kid-thinking


Mengenal Masalah dan Pemecahannya.


Setiap dongeng pastinya memiliki sebuah masalah yang terkanding didalamnya. walaupun ceritanya pendek dan sangat sederhana, pastinya ada sebuah masalah yang sudah tentu harus dipecahkan.  Apabila kita bisa membaca dan tahu kapan pause dan lanjut lagi ketika ada masalah dalam cerita maka hal ini akan membuat anak berpikir apa yang akan seharusnya terjadi kelak atau mereka juga memikirkan solusinya. Pendek kata, dengan belajar memecahkan solusi orang lain, mereka akan punya banyak solusi bilamana mereka menghadapi masalah yang serupa


Menambah Kasanah Bahasa


 Anak yang sering mendengarkan gurunya yang aktif berbicara dan juga sering mendengar dan membaca sebuah cerita, tentunya mereka akan menambah perbendaharaan kosakata yang mereka miliki. ya jelas saja bilamana ada satu kata yang mereka tidak ketahui mereka akan bertanya arti kata tersebut. 


Menambah Wawasan Sosial Anak


Dengan membaca atau sekedar mendengarkan cerita banyak informasi yang mereka dapatkan semisal saja cerita rakyat. jelas-jelas mereka akan bertanya beberapa hal-hal berikut dimana itu? ada apa disana? yang menarik apa ya? dan beberapa pertanyaan lainnya. 


rethakp.blogspot.com_Si kancil dan buaya
Menambah Pengetahuan Exacta atau Ilmu pasti


Walaupun porsinya sedikit sekali, akan tetapi bila kita kaji lebih lanjut bisa membuat mereka belajar ilmu pasti. Ambil contoh cerita kancil dan buaya. Dalam cerita tersebut kancil meminta buaya berjajar dan kancil menghitung jumlah buaya yang ada. disini khan kita bisa bertanya. bila lebar sungai tersebut sepuluh meter kira-kira berapa ekor buaya ya yang berjajar?... Atau pengetahuan alam dasar. Buaya itu jenis binatang apa? binatang yang hidup diair selain ikan apa saja ya? kalau bisa hidup didua alam air dan darat disebut binatang apa? dsb.


Nah alasan-alasan yang saya sebutkan diataslah dasar saya mengapa saya getol dan suka sekali mengunakan media membaca dongeng untuk mengawali pelajaran sekolah. Selain alasan tersebut diatas, otak anak-anak yang pada mulanya belum siap menjadi lebih siap dalam mempelajari hal baru entah itu IPA, Matematika atau juga Ilmu Sosial.

Dongeng apa yang cocok untuk anak-anak sekolah


Dari sekian banyak genre dongeng yang ada berdasarkan pengalaman saya saya sering kali mengunakan: 
Fairy tale atau cerita rakyat. Genre dongeng ini banyak mengisahkan tentang kehiduoan social dan banyak nilai-nilai humanis yang bisa diterapkan dalam kehidupan mereka. Ya sesuai dengan namanya yakni fairy tale atau juga cerita rakyat anak-anak akan membaca asal muasal daerah, seperti Gunung Tangkuban Perahu, Banyuwangi, Salatiga Malin Kundang dsb.   

Fable merupakan cerita yang mengunakan binatang sebagai tokoh utama. Kancil, semut, tikus dab sangat sesuai untuk anak-anak usia dini atau mulai kelas PG/TK s/d kelas dua SD.


AESOP merupakan kumpulan cerita yang berasal dari Negara manca. biasanya ada tokoh dewa dewi yunani, dewa-dewi dari Asia Timur dsb. 


Sebetulnya banyak cara dalam mempersiapkan anak didik kita agar mereka siap mencerna apa yang akan mereka pelajari disekolah. semua tergantung pada bagaimana kreativitas seorang guru dana pendidik dalam memanage kelas mereka dan Sekaligus mendidik anak didik mereka tentang nilai-nilai kehidupan.


Selamat mendongeng buat anak-anak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar