Sabtu, 18 Juli 2015

Jeprat-Jepret Jalur Lintas Selatan Trenggalek - Pacitan

Hikmah Mudik Saat Subuh Saat Hari H

Syukurilah apa yang diberikan oleh sang Kuasa. Kata-kata yang sudah sering kita dengar itu kembali menggema dibenak saya.

Ya.. rencana mudik yang sudah jauh hari terencana diambang batal.  Bahkan hingga hari keberangkatan masih saja belum ada kepastian. Syukurlah semua berubah saat malam Lebaran. Kali aja, yang kuasa tahu kalau saya suka berlama-lama nongkrong dikeramaian, jadi pas di kampung halaman bisa-bisa kehilangan mood lebaran walau saya tak ikutan merayakan.

Akhirnya pukul 3:30 pagi saya start dari Sidoarjo. Dengan motor matik yang dipacu tak begitu kencang ya antara 70an km/j, udara yang tergolong dingin, akhirnya dah bisa sarapan di Tulungagung sebelum pukul 06:00. Kondisi jalanan yang lapang membuat jarak ratusan km tak terasa.

Pukul 07 setelah udara tak begitu menusuk tulang, saya lanjutkan perjalanan rute Trenggalek Pacitan via Panggul. Sebenarnya ini bukan perjalanan pertama kalinya. Namun, agar suasana tak membosankan maka saya putuskan untuk lebih santai dan standby dengan kamera hp.

Sinar mentari semakin menjulang semakin menambah keasyikan jeprat-jepret. Sampai lupa kalau ditunggu keluarga di Lorok. Tenang.. paling-paling jam 9 ntar juga dah sampai. Sebenarnya, dulu pernah juga sharing menariknya rute ini. Dengan fokus jalan panjang didaerah Panggul dan hutan pinus di Kab. Trenggalek. Biar makin komplet ini edisi jrepretan amatiran dengan spot yang berbeda.

Kawasan Sumber Bening.

Kondisi jalan yang berliku.. terkadang anda menjumpai jalanan yang sangat lapang atau hamparan sawah dipinggir jalan merupakan spot yang kalah menarik.

Jembatan Dongko & Trotoar Kec Dongko

Salah satu temuan dan hasil jepretan yang saya kagumi. Kondisi sawah terasiring yang ditanami padi muda dan paduan sungai berbatu yang kadar arusnya sedikit.  Saya ambil foto dari atas jembatan. Semakin mantap saat shoot kelokan tikungan yang mengular sebelum jembatan hingga naik ke arah kawasan dongko.

Saat memasuki daerah pusat kecamatan yang berada didataran tinggi ini, mata tertuju pada rapi, indah dan bersihnya trotoar-trotoar pada jalur utama. Dicat warna zebra, trotoar terlihat begitu terawat. Padahal, kontur wilayah naik turun dan jalanan juga berlika-liku. Tapi tata ruang-nya gak kalah dengan trotoar pusat kota. Tapi sayang, saya tak sempatkan banyak jeprat-jepret trotoar, inipun saya ambil saat hendak keluar kawasan.

Kawasan Industri Kayu

Saya tak begitu pahan nama daerahnya, antara cakul atau suruh.. Disisi kanan kiri jalan yang berliku banyak dijumpai industri pengolahan kayu gelondongan. Kalau anda beruntung, lumayan dapat background foto yang berbeda.

Kawasan Panggul Perbatasan

Disini ada jalanan panjang diatas perbukitan. Dulunya, 5 tahunan lalu bisa dibilang “jalan tol diatas bukit” waktu kondisinya masih sip. Anda bisa dengan bebas melihat pemandangan di kanan kiri tanoa halangan bukit yang menjulang. Paling-paling ya Cuma tingginya pepohonan.

Setelah lepas dari situ anda bisa memasuki kawasan Kab Pacitan. Anda bisa menikmati pemandangan PLTU Sudimoro dari atas perbukitan. Lanjut ke barat anda memasuki kawasa pantai-pantai.

Nah bagi para pecinta touring, kalau lewati jalur ini, saya hanya sarankan, tak usah kencang-kencang, kayak Rossi atau Marquez. Walau kondisi trek memanjakan terutama bagi rider motorsport, anda akan banyak kehilangan moment-moment pemandangan yang tersedia secara GRATIS TIS!!! Ride modestly, kalau ketemu spot yang bagus break, foto atau sekedar selfie sekalian upload. Pastinnya banyak yang ngiri.  DP atau PP saya berulang kali saya ganti setelah tiba, banyak yang penasaran dan kepincut.

Buktikan sendirilah...

Gan, melengkapi postingan ini, silahkan klik beberapa link dibawah untuk info daerah terkait: