readkutubkids.wordpress.com kids-reading |
Pagi hari anak-anak datang ke kelas anda. kita semua tahu, anak-anak
datang kesekolah dengan berbagai hal yang mereka bawa dari rumah. satu hal yang
pasti di dalam alam pikir mereka pun berkecamuk berbagai hal. ada yang masih
murung karena dimarahi ayahbunda sebab dia bangun terlambat, ada yang sudah
berseri-seri karena hendak bertemu teman atau sahbatnya adapula yang tanpa
ekpresi dan jengkel dengan rutinitas mereka setiap hari setiap pagi…
Dari situ
apakah anda langsung tancap gas dan buka buku pelajaran? mumpung pikiran mereka
masih fresh?... Apakah itu yang ada
dibenak semua pendidik di tanah air?... WAH.. ANDA SALAH BESAR kalau berpikir
mereka langsung siap diberi pengajaran sesuai dengan materi sesuai dengan
jadwal pelajaran sehari-hari.
Setiap hari saya memiliki waktu sekitar 10-15 menit sebelum jam
pelajaran pertama anak-anak saya dimulai.. dan yang saya lakukan hanyalah hal
yang simple.. MEMBACA DONGENG… entah dalam bahasa Inggris atau bahasa
Indonesia..
wholesketch.wordpress.com_dongeng |
Di dalam sebuah Dongeng itu ada…
Mengapa koq saya lebih suka memilih dongeng buat mengawali hari
sekolah?... ya karena usia mereka masih kanak-kanak dan juga banyak hal yang
terkadung didalam dongeng. terlebih setelah saya membaca article di yahoo.com,
disitu dikatakan membaca dongeng lebih mengena dan terpatri dialam pikiran
anak-anak lebih lama. Jujur saja, saya masih teringat beberapa dongeng yang
selalu diceritakan oleh mendiang Kakung saya sewaktu saya masih usia SD untuk
menemani tidur. Menurut opini saya,
dongeng merupakan media pembelajaran social yang sangat cocok untuk anak-anak.
Meningkatkan Daya Imaginasi
education2kid.blogspot.com_right left brain |
Disini anak-anak secara tidak langsung dilatih untuk mengembangkan daya
imaginasi mereka. Ya.. dari hasil pendengaran atau visual dari selembar kertas,
mereka berusaha menvisualisaikan apa yang mereka dengar dan baca. bayangkan
saja, ketika mereka membaca kalimat “disuatu tempat yang jauh disana, disebuah
hutan yang lebat dengan banyak binatang liar…” pastilah ada yang membayangkan
suasana hutan dipikiran mereka, tumbuh-tumbuhan yang ada, udaranya, demography..
Menumbuhkan nilai-nilai HUMANIS
Jelas jelas sudah mereka akan merasa iba dan kasihan bila ada yang
memerlukan bantuan. Hal ini tentunya menumbuhkan rasa emphaty dan sympathy dalam
diri mereka. Begitu pula ketika mereka merasakan rasa kompetitif, penasaran dan
gemas pula. disini mereka juga akan belajar mana sikap yang baik dan mana sikap
yang tidak baik yang ada dimasyarakat.
sehingga harapan dimasa mendatang mereka bisa lebih mawas diri dan
menjadi pribadi yang bisa disukai oleh orang-orang disekitar mereka.
pusatseo.blogspot.com_kid-thinking |
Mengenal Masalah dan Pemecahannya.
Setiap dongeng pastinya memiliki sebuah masalah yang terkanding
didalamnya. walaupun ceritanya pendek dan sangat sederhana, pastinya ada sebuah
masalah yang sudah tentu harus dipecahkan. Apabila kita bisa membaca dan tahu kapan pause
dan lanjut lagi ketika ada masalah dalam cerita maka hal ini akan membuat anak
berpikir apa yang akan seharusnya terjadi kelak atau mereka juga memikirkan
solusinya. Pendek kata, dengan belajar memecahkan solusi orang lain, mereka
akan punya banyak solusi bilamana mereka menghadapi masalah yang serupa
Menambah Kasanah Bahasa
Anak yang sering mendengarkan
gurunya yang aktif berbicara dan juga sering mendengar dan membaca sebuah
cerita, tentunya mereka akan menambah perbendaharaan kosakata yang mereka
miliki. ya jelas saja bilamana ada satu kata yang mereka tidak ketahui mereka
akan bertanya arti kata tersebut.
Menambah Wawasan Sosial Anak
Dengan membaca atau sekedar mendengarkan cerita banyak informasi yang
mereka dapatkan semisal saja cerita rakyat. jelas-jelas mereka akan bertanya
beberapa hal-hal berikut dimana itu? ada apa disana? yang menarik apa ya? dan
beberapa pertanyaan lainnya.
rethakp.blogspot.com_Si kancil dan buaya |
Menambah Pengetahuan Exacta atau Ilmu pasti
Walaupun porsinya sedikit sekali, akan tetapi bila kita kaji lebih lanjut
bisa membuat mereka belajar ilmu pasti. Ambil contoh cerita kancil dan buaya.
Dalam cerita tersebut kancil meminta buaya berjajar dan kancil menghitung
jumlah buaya yang ada. disini khan kita bisa bertanya. bila lebar sungai
tersebut sepuluh meter kira-kira berapa ekor buaya ya yang berjajar?... Atau
pengetahuan alam dasar. Buaya itu jenis binatang apa? binatang yang hidup diair
selain ikan apa saja ya? kalau bisa hidup didua alam air dan darat disebut
binatang apa? dsb.
Nah
alasan-alasan yang saya sebutkan diataslah dasar saya mengapa saya getol dan
suka sekali mengunakan media membaca dongeng untuk mengawali pelajaran sekolah.
Selain alasan tersebut diatas, otak anak-anak yang pada mulanya belum siap
menjadi lebih siap dalam mempelajari hal baru entah itu IPA, Matematika atau
juga Ilmu Sosial.
Dongeng apa yang cocok untuk anak-anak sekolah
Dari sekian banyak genre dongeng yang ada berdasarkan pengalaman saya
saya sering kali mengunakan:
Fairy tale atau cerita rakyat.
Genre dongeng ini banyak mengisahkan tentang kehiduoan social dan banyak
nilai-nilai humanis yang bisa diterapkan dalam kehidupan mereka. Ya sesuai
dengan namanya yakni fairy tale atau juga cerita rakyat anak-anak akan membaca asal
muasal daerah, seperti Gunung Tangkuban Perahu, Banyuwangi, Salatiga Malin
Kundang dsb.
Fable
merupakan cerita yang mengunakan binatang sebagai tokoh utama. Kancil, semut, tikus
dab sangat sesuai untuk anak-anak usia dini atau mulai kelas PG/TK s/d kelas
dua SD.
AESOP merupakan kumpulan cerita yang berasal dari Negara manca.
biasanya ada tokoh dewa dewi yunani, dewa-dewi dari Asia Timur dsb.
Sebetulnya
banyak cara dalam mempersiapkan anak didik kita agar mereka siap mencerna apa
yang akan mereka pelajari disekolah. semua tergantung pada bagaimana
kreativitas seorang guru dana pendidik dalam memanage kelas mereka dan Sekaligus mendidik
anak didik mereka tentang nilai-nilai kehidupan.
Selamat
mendongeng buat anak-anak Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar